BUKALAPAK masih ada free ongkir nih. Lihat Promo →

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Terkait STNK Mobil AndaTrend Baju Muslim Murah 2019 | Trend Baju Muslim Murah 2019
Home » Produk » Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Terkait STNK Mobil Anda

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Terkait STNK Mobil Anda

foto pajak kendaraan (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Setiap kendaraan bermotor tentu memiliki surat-surat yang digunakan untuk mendukung legalitas kepemilikan kendaraan tersebut. Mulai dari kendaraan seperti sepeda motor sampai mobil memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan sebagai surat yang menunjukkan bukti sah kepemilikan. Akan tetapi, ketika Anda memiliki mobil, sebaiknya perhatikan beberapa hal terkait STNK mobil Anda agar STNK tersebut dapat terus berlaku dan Anda pun bisa menggunakan kendaraan Anda secara lebih tenang.

Perhatikan waktu pembayaran pajak

STNK yang Anda miliki memiliki keterangan mengenai tenggat waktu pembayaran pajak serta nominal uang yang harus dikeluarkan untuk membayar pajak tersebut. Anda perlu memperhatikan betul pajak yang dibebankan kepada Anda setiap tahunnya agar tidak telat untuk membayar pajak tersebut. Karena, ketika Anda telat membayar pajak, maka Anda akan dikenakan denda. Oleh karena itu, selalu perhatikan waktu pembayaran pajak mobil Anda agar STNK yang Anda miliki dapat tetap berlaku.

Perhitungkan biaya balik nama

Selain waktu untuk membayar pajak, hal lainnya yang juga perlu diperhitungkan adalah biaya balik nama STNK. Biaya balik nama dibutuhkan ketika Anda membeli mobil bekas sebagai biaya peralihan nama dari pemilik lama ke pemilik baru. Contohnya, ketika Anda membeli mobil yang diproduksi pada tahun 2013 dan ingin membelinya dalam keadaan bekas, maka Anda perlu mempertimbangkan biaya balik nama mobil 2018 untuk membuat STNK kendaraan tersebut menjadi atas nama Anda. Untuk itu, selalu perhitungkan biaya balik nama agar tidak merugikan Anda ketika ingin membeli mobil bekas.

Selalu bawa saat berkendara

Tidak hanya membayar pajak dan biaya balik nama, Anda juga perlu memperhatikan STNK ketika akan berkendara. Ya, Anda perlu membawa STNK mobil yang digunakan sebagai bukti bahwa kendaraan tersebut benar-benar menjadi milik Anda. Karena, apabila Anda tidak membawa STNK dan ketika ada operasi lalu lintas mengakui kesalahan tersebut, maka Anda akan diberikan surat tilang warna biru sebagai bukti kesalahan Anda. Setelah itu, Anda diharuskan untuk membayar denda sesuai dengan yang tertera di surat tilang tersebut.

Beritahu yang lain